Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

Penafian

Salam pembuka bicara.Tujuan blog ini dibuat adalah untuk mengumpul artikel yang bagi aku sangat rare , takde juai punye.Bukan bertujuan untuk dijadikan artikel hak milik aku,dan di publish atas nama aku.Semuanya hanya untuk rujukan aku masa hadapan.Andai kata anda terjumpa artikel anda disini,dan mahukan kredit atau nama,sila berbuat demikian kepada aku . Aku hanya insan hina .

Galeri

Blog

The List of Rare Seiko Vintage

Seringkali saya menerima pertanyaan lewat telepon, sms atau email mengenai tipe Seiko vintage apa saja yang highly collectible. Untuk menjawab itu semua, saya akan menyajikan jenis-jenis saya yang (menurut saya) nilai kolektibilitasnya tinggi. Mungkin orang lain berpendapat berbeda, tapi inilah pilihan-pilihan saya dan gambar Seiko yang ditampilkan disini saya dapat dari internet.

The most collectible Seiko: Grand Seiko VFA (Very Fine Adjustment)
Tipe inilah yang di-klaim mampu mengalahkan dominasi jam-jam chronometer swiss. Disebut VFA (Very fine adjustment) dengan 36,000 bph karena memang jam ini dibuat dengan sangat akurat sehingga akurasi jam ini sangat tinggi sekitar 1-2 detik / hari. Tipe solid gold dari tipe ini dijual sangat tinggi yaitu US$26,000 dan hanya dibuat hanya 173 buah. Tipe ini diproduksi tahun 1969-1972.



Grand Seiko Diashock Automatic Caliber 6246-9001: 
Ini adalah the rarest Grand Seiko. Hanya diproduksi sebanyak 19,800 buah pada akhir tahun 60-an. Tipe ini sangat dicari oleh para kolektor Jepang yang dikenal sangat bangga dengan kualitas produk buatan mereka sendiri.



King Seiko Caliber 4402 manual winding
Seiko KS ini sering juga disebut sebagai salah satu legenda KS. Masih menggunakan movement manual cal.4402 dengan 25 jewels dan merupakan versi awal (generasi kedua) dari Seiko KS (produksi tahun 1966).


Seiko Diver Professional 600m Automatic
Tipe ini layak disebut legenda Diver Watch karena Seiko-lah yang pertama kali menggunakan material Titanium untuk sebuah jam Diver. Pembuatan jam ini dilakukan pada tahun 1975 dan merupakan pioner terhadap 20 jenis teknologi dalam pembuatan jam diver selanjutnya. Teknologi itu antara lain adalah: penggunaan one piece case structure, pemasangan kristal dengan system L shape, penggunaan material plastic strap dll. Jam ini menggunakan movement mekanik cal.6159 hi-beat serupa yang digunakan pada seri GS.


Seiko Diver 150m cal.6217
Tipe ini sering disebut sebagai 'The holy grail' of Diver watch. Merupakan jam Diver pertama yang dibuat oleh Seiko dengan menggunakan automatic movement cal.6217. Diproduksi pada tahun 1965. Movement cal.6217 ini juga digunakan untuk tipe Seiko Worldtimer.


Seiko Diver Automatic cal.6105
Salah satu the must have item bagi para pencinta Seiko (selain tipe klasik lain cal.6309 dan 6306). Casing jam ini unik karena sangat lebar tapi tidak disertai dengan lebar lugs yang proporsional (hanya 18mm). Jam ini diproduksi tahun 1968.


Seiko Diver 300m cal.6159
Salah satu tipe lain dari Hi-Beat Diver. Jam ini dibuat untuk kondisi kedalaman 300m dengan menggunakan one-piece case structure yang solid.
Seiko One-button Chronograph Manual Winding Caliber 5719
Seiko ini merupakan the FIRST Seiko Chronograph yang diproduksi tahun 1964 untuk Olimpiade Tokyo. Movement manual winding caliber 5719-8992
Tipe ini juga keluar untuk versi dengan date yang menggunakan cal.5717.


Seiko pilot chrono, 6138-7000 with slide rule.
Seiko Automatic Chronograph Cal.7016-5020, larger square ( almost tonneau shaped ) case
Tipe yang menggunakan cal yang sama 7016 menggunakan case yang lebih kotak dan sering disebut sebagai Seiko 'Monaco".


Seiko 6138-0040 'Bullhead' atau 'Mickey Mouse'
Tipe ini (warna dial hitam-biru) jauh lebih sulit didapat dari pasangannya dengan dial coklat. Hanya saja untuk dial coklat juga mengeluarkan versi Speedtimer sedangkan dial hitam tidak pernah dijumpai versi Speedtimer-nya.

Seiko Time Sonar Cal. 7018-6000
Tipe ini juga di-klaim sebagai salah satu yang langka karena desainnya sangat unik. Sebenarnya secara movement tidak jauh berbeda dengan tipe 6139. Yang sangat membedakan Time Sonar ini adalah penggunaan case back atau dial transparan. Seorang pedagang pernah mendapatkan tipe ini dengan case back transparan dan dianggapnya sebagai jam seiko palsu sehingga dijual hanya Rp.100 ribu! Seiko Time Sonar dibawah casebacknya transparan.


Nah itu adalah sebgaian dari jenis-jenis Seiko yang (menurut saya) highly collectible dan sulit didapat. Masih banyak tipe-tipe Seiko yang langka dan harganya terjangkau. Semoga ini bisa menjadi panduan rekan-rekan penggemar jam antik dalam berburu jam-jam Seiko vintage.
Happy Hunting!

Yang rare Design by Insight © 2009